Saldo BPJS Hilang Akibat Pindah Perusahaan?

Apakah kamu pernah mengalami hilangnya saldo yang ada pada BPJS Ketenagakerjaan?

Kali ini saya akan berbagi perngalaman tentang jumlah saldo BPJS Ketenagakerjaan. Sebelumnya saya pernah bekerja di salah satu perusahaan besar di karawang, disana saya masa kerja saya hanya selama 21 bulan singkatnya pada Desember 2016 saya sudah menganggur saat itu saya cek lewat android menggunakan aplikasi BPJS dan saldo saya sekitaran 4 jutaan. Jumlah yang lumayang untuk seorang yang sudah menganggur.

Sebenarnya juga sempat terpikirkan untuk mencairkannya, atau mungkin ntar aja kalau udah kepepet. Pada akhir januari saya coba cek lagi dan saldo masih aman hanya status yang berganti jadi tidak aktif, maklum karena sudah tidak lagi ada pemasukan.[post_ad] [post_ad] Pada pertengahan bulan Februari 2017 saya mendapatkan pekerjaan baru dan saya mendaftarkan nomer BPJS saya lagi dengan tujuan untuk memperbanyak saldo yang saya simpan dalam BPJS, tanggal 25 Februari saya coba cek lagi menggunakan aplikasi ternyata data belum berubah atau masih sama dengan data sebelum saya bekerja lagi padahal tanggal 25 Februari saya sudah menerima gaji.

Tanggal 02 Maret 2017 saya iseng untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan dan ternyata datanya sudah di perbaharui, namun yang bikin saya kaget adalah saldo pada BPJS milik saya yang tadinya sekitaran 4 juta sekarang malah menjadi 2oo ribu saja, saya coba perhatikan nomer BPJS siapa tahu kalau pihak perusahaan membuatkan kartu baru, namun ternyata tidak nomer BPJS ternyata sama dengan kartu yang lama, lalu kenapa saldonya jadi 200 ribu? Kemana yang 4 juta kemarin?

Saldo BPJS Ketenagakerjaan hilang


Saya coba browsing kesana kemari namun tidak menemukan jawaban meskipun menemukan banyak kasus seperti yang saya alami. Setelah 2 hari mencari di google namun tidak ada hasil. Akhirnya saya berpesan kepada teman saya untuk menanyakan masalah yang saya alami dan kebetulan dalam waktu dekat dia ingin pergi ke kantor BPJS untuk mencairkan saldo miliknya.

Karena saya tidak sabar dan pikiran merasa kurang tenang, saya coba untuk menelfon salah satu kantor BPJS yang ada di Jawa Tengah.

Saat telfon saya menceritakan masalah yang saya alami  dari saldo 4 juta malah menjadi 200 ribu itu kenapa? Ternyata memang aturan dari BPJS memang begitu. Lalu kemana saldo yang sebelumnya? Saldo sebelumnya masih aman dan dapat diambil jika status BPJS sudah tidak aktif lagi. Lha kenapa kok tidak digabungkan saja? Bisa saja digabungkan jika pihak perusahaan yang baru meminta untuk digabungkan, atau coba kamu datang saja ke kantor BPJS untuk menggabungkannya. Lalu bagaimana kalau tidak melakukan penggabungan apakah saldo tetap aman? Tetap aman, penggabungan hanya berpengaruh pada tampilan saldo saat di cek menggunakan aplikasi, jadi tidak akan mempengaruhi saldo.[post_ad] [post_ad] Selang beberapa hari teman saya juga memberi kabar kepada saya kalau saldo BPJS yang 4 jutaan itu masih aman dan bisa diambil.

Jadi intinya, Selama saldo BPJS Ketenagakerjaan yang kita miliki belum diambil maka saldo kita tetap aman meskipun kamu pindah perusahaan dan tampilan saldo saat di cek seperti memulai dari awal lagi. Itu hanya tampilannya saja karena tidak melakukan penggabungan saldo.
Saldo BPJS Hilang Akibat Pindah Perusahaan? Reviewed by Adika Frisky Araaf on 3/12/2017 Rating: 5

95 comments:

  1. saya juga ngalamin hal yang sama mas. tadi saya liat kok bpjs saya cuma saldonya cuma ada diperusahaan baru. eh ternyata begitu toh. makasih ya mas sharingnya. jadi saya nggak khawatir lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak terimakasih kembali, sebernarnya masalah ini akan sering terjadi. Alasan saya menceritakan hal ini juga agar orang lain tidak merasa kebingungan seperti yang sudah saya alami

      Delete
    2. saya juga mengalami hal serupa...maksih atas penjelasanx..jd tenang

      Delete
    3. Kalau pas kita cek jamsostek tapi nomor kjp nya atas nama orang lain gimana ya? Dan saldo.nya 0 pdhl bbrp bulan lalu masih nama kita dan saldo nya masih 7jt an..?

      Delete
  2. Apakah saldo yg dulu bis kita ambil saat itu juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saldo yg dulu masih bisa diambil kalau bpsjnya sudah tidak aktif(atau kita sudah tidak bekerja)

      Delete
    2. Gan kok saya cek saldo di apk bpjs tapi kenapa kok saldo ane tidak tesedia penyebabnya ap? Padahal kemrn di cek masih bisa

      Delete
    3. Jadi saldo yg dri perusahaan seblumnya, nda bisa d claim ya? Harus tunggu tidak aktif bekerja? Jadi jalan satu2nya d gabungkan saja?

      Delete
    4. Jadi saldo yg dri perusahaan seblumnya, nda bisa d claim ya? Harus tunggu tidak aktif bekerja? Jadi jalan satu2nya d gabungkan saja?

      Delete
  3. Apakah saldo hangus bila kabur dari perusahaan?

    ReplyDelete
  4. Apakah saldo hangus bila kabur dari perusahaan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak,hanya saja kalau kabur kita biasanya tidak dapat paklaring untuk mengambil bpjs

      Delete
  5. Replies
    1. Tunggu hingga bpsjnya menjadi tidak aktif baru bisa di ambil

      Delete
  6. Terima kasih mas sharing nya, saya juga kaget awalnya kok saldo di tempat kerja saya jadi hilang. Ternyata emg tidak digabungkan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas sama-sama. Kalau tidak ada permintaan dari kita biasanya perusahaan tidak menggabungkannya mas

      Delete
  7. Alhamdullilah, saya juga kaget luar biasa, awalnya saldo 9 jtaan tiba2 jd 700rb ketika sudah pindah prusahaan, trima kasih infonya.

    ReplyDelete
  8. saya juga ceckin punya istri saya.. yang sudah tidak bekerja yang rencanya mau cairkan utuk biaya ikhtiar konsultasi ke dokter dan setelah saya baca sy capture artikel ini agar istri saya tenang.. hatur nuhun pisan mas berbagi artikelnya, dan kalau boleh tau, per hari ini syarat untuk pencairannya apa saj yg perlu dibawa ya mas.. nuhun mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini adalah berkas yg harus bapak siapkan untuk pencairan bpjs

      1.Kartu Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan.
      2. Surat Keterang Berhenti Bekerja dari Perusahaan (Paklaring).
      3. KTP atau boleh juga SIM.
      4. Kartu Keluarga.
      5. Buku Tabungan.
      6. Akte Penetapan PHK (bagi yang terkena PHK)

      Delete
  9. misal saya bekerja di PT A trus habis kontrak lewat satu bulan saya kerja di PT B trus saya lanjutin bpjsnya cuma saya resign(kabur) dari perusahaan B. apa uang bpjs dari perusahaan A tetep bisa dicairin mas? mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  10. Seharusnya bisa mas kalau saldo dari pt A dan pt B belum di gabungin,asal bpjs sudah tidak aktif dan paklaring dari pt A masih ada.

    ReplyDelete
  11. terima kasih mas,,

    saya juga punya permasalahan yang sama,,

    akhirnya lega juga

    ReplyDelete
  12. berarti, harus benar" tidak bekerja di pt mana pun/ walau status tidak aktiv di pt lama (khn pt baru, otomatis saldo baru/nopesrta kembali aktiv), jd tidak bisa klaim, begitu?

    ReplyDelete
  13. cara mengecek saldo lama yg tidak hilang itu gmn Mas?hanya ingin tau saldo nya brp sekarang? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa datang langsung ke kantor bpjs ketenagakerjaan mas

      Delete
  14. apa mas pada akhirnya melakukan penggabungan saldo? berkas apa yang diperlukan untuk menggabungkan saldo?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya tidak melakukan penggabungan saldo bpjs ketenagakerjaan mas, sebab menurut saya hal itu cuma buang-buang waktu. toh tanpa melaukan penggabungan saldo, uang juga masih bisa di ambil.

      Delete
    2. kasus kita sama mas, no kpj sama, pertanyaan sama mas, apabila kita pindah lagi ke perusahaan baru (perusahaan ke 3), maka saldo baru lagi, jadi saldo di 2 perusahaan lama tetap bisa digabungkan mas?

      Delete
    3. seharusnya masih bisa untuk dicairkan mas

      Delete
    4. mas, kalo misalnya tidak melakukan penggabungan saldo, bukankah kedepannya justru merepotkan kita sendiri ya, karena harus mengumpulkan paklaring dari semua perusahaan tempat kerja sebelumnya.. mohon penjelasannya.

      Delete
  15. Saya habis kontrak di PT. A, statusnya jadi Non Aktif. Selang beberapa bulan bekerja di PT. B, status jadi Aktif lagi... Tapi kemudian saya kabur di PT.B, apakah statusnya jadi Non Aktif lagi mas?? Soalnya kalo mau nyairin harus non aktif kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nanti akan menjadi non aktif dikarenakan sudah tidak ada yang bayarin iuran bpjs tersebut.

      Delete
    2. Tapi mas saldo bpjs lama kita ga akan berkurang kan ??

      Delete
  16. saldo bpjs nggak akan berkurang kok mas

    ReplyDelete
  17. Numpang nanya bro,
    Dulu tiap bulan saya kena 3 potongan ( jht, kesehatan n pensiun (maaf kalo salah nama)), apakah saat klaim bs sekaligus menerima pencairan dr ke 3 potongan tsb?
    Mohon pencerahannya bro, terima kasih sblmny.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo untuk bpjs ketenagakerjaan bisa diambil ketika udah nggak kerja.
      kalo bpjs kesehatan bisa digunakan untuk berobat ke rumah sakit yang udah di daftarkan.
      masalah bpjs pensiun saya kurang paham karena itu baru muncul pas saya masih kerja dulu.

      Delete
  18. apakah saldo di 2 perusahaan itu tetap bisa di klaim semua meskipun tidak di gabungkan ? karna saya coba klaim menggunakan e-klaim, sewaktu upload paklaring hanya bisa upload 1 paklaring saja, saya khawatir saldo d perusahaan lama tidak bisa di klaim karna tidak bisa upload paklaringnya
    mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo lewat e-klaim ragu-ragu saya sarankan klaim bpjsnya datang langsung ke kantornya saja

      Delete
  19. Kalau sudah tidak aktif, apa harus pakai paklaring jg diambilnya mas? Soalnya saya ga punya paklaring..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas,karena salah satu syarat buat nyairin bpjs adalah paklaring

      Delete
    2. Halo mas. Kalau kita sudah bekerja di 3 perusahaan berbeda berarti paklaringharus dari ketiga perusahaan tersebut?
      Thanks in advance

      Delete
  20. Bermanfaat banget nih artikelnya. Sempat panik karena hilangnya sampai jutaan.

    ReplyDelete
  21. Mau tanya donk mas.
    Saya kerja di PT A dan udh berenti, tp saya gak di kasih paklaring.
    Nah terus saya lanjutin kerja di PT B pake nomor bpjs yg sama, dan skrg jg udh berhenti bedanya di PT B sy udh dpt paklaring.

    Nah karena saldo BPJS nya kan gak di gabung, maka ketika saya cairkan menggunakan paklaring dari PT B,

    Apakah saldo yg dari PT A juga bisa di ambil?

    Hehe, mohon pencerahannya ya..

    makasih sblmnya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya sih nggak bisa mbak, tapi coba saja di tanyakan langsung ke kantor bpjsnya siapa tau bisa

      Delete
  22. Mas mau tanya nomor BPJSTK tuh sama gak sih perusahaan lama dan perusahaan baru, untuk kasus yg bpjsnya tidak diteruskan oleh perusahaan baru? Karna saya belum dpt BPJSTK fisiknya dari perusahaan lama dan baru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo buat baru biasanya beda mbak untuk nomer bpjsnya meskipun nomer ktpnya sama.

      Delete
  23. Maaf nih mas mau tanya.
    Saya bekerja di pt a lalu berhenti 3 bulan yg lalu.
    Selang 1 bulan saya berhenti dr pt a saya bekerja di pt b
    Tapi saya tidak mendaftarkan kpj yang lama,
    Saat saya cek hari ini saldo bpjs nya saya rasa tidak sesuai dengan potongan bpjstk tiap bulannya..
    Apa ini ada hubungannya dengan pindah perusahaan?
    Walaupun belum mendaftarkan kpj yang lama ke pt b..?
    Mohon pencerahannya
    Trimakasih

    ReplyDelete
  24. mohon maaf untuk sebelumnya karena kalau masalah potongan saya kurang begitu paham

    ReplyDelete
  25. Apakah kartu bpjs nya dpt lg dr perusahaan yg baru atau satu kartu 2 perusahaan?

    ReplyDelete
  26. Maksud saya, saya kan bekerja di pt a selama lebih dr 4 tahun, dan tidak pernah dikasih kartu bpjstk nya, jadi saya tidak bisa mengecek saldonya. Sekalinya saya terima no kpj nya, dan saya cek hanya ada 1jt. Apa karna lanjut pindah ke perusahaan lain..?? Maka saldo saya hilang seperti yg mas jelaskan di atas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas terima kartu nya dari perusahaan lama atau baru? Kl dr perusahaan yg baru,berarti itu saldo dr perusahaan baru...kalo yg sbelumnya yg 4 tahun bekerja tp tdk pernah dikasih fisik kartu,brrti patut dipertanyakan ke perusahaan lama,apakah jangan2 tidak di daftarkan oleh perusahaan lama,atau didaftarkan tapi hilang di tangan hrd nya...

      Delete
    2. Mas terima kartu nya dari perusahaan lama atau baru? Kl dr perusahaan yg baru,berarti itu saldo dr perusahaan baru...kalo yg sbelumnya yg 4 tahun bekerja tp tdk pernah dikasih fisik kartu,brrti patut dipertanyakan ke perusahaan lama,apakah jangan2 tidak di daftarkan oleh perusahaan lama,atau didaftarkan tapi hilang di tangan hrd nya...

      Delete
  27. Minta saran gan, bagus yang mana apakah kita lanjutkan kartu ketenagakerjaan yang sama atau buat kartu ketenagakerjaan yang baru saat ganti perusahaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya sih sama aja gan, kalau pengen bisa mantau keduanya lewat aplikasi bpjs mendingan buat kartu baru

      Delete
  28. Cara penggabungan saldonya bagaimana ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau masalah itu agan bisa minta bantuan ke hrd agan yang sekarang buat gabungin saldo agan, atau bisa hubungi kantor bpjs terdekat

      Delete
  29. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  30. Minta pencerahan
    Saya udah pernah bekerja d pt. A selama 2 th (Ada paklarin)
    Kemudian pindah ke pt B selama 4bln trs kabur (tdk ada paklarin)
    lanjut d pt c selama 1 th (ada paklarin)
    selama bekerja bpjs selalu minta d satuin
    Apakah saya bisa mencairkan semuanya atau hanya pt A dan C saja yaa

    ReplyDelete
  31. saya berhenti dr pt a dan bekerja di pt b...dan sy lanjutkan bpjstknya..namun setelah dicek saldo lama hilan,ganti yg baru dr pt.b..bagaimana dan syaratnya apa saja untuk penggabungan saldo mas..mhn bantuannya..thx

    ReplyDelete
  32. Saya udah gk kerja nie,bpjs saya udah gk aktif tp ko tiba2 aktif lg ..itu knp yaa ?? Padahal saya gk pernah kerja lg di perusahaan lain

    ReplyDelete
  33. Saya udah gk kerja nie,bpjs saya udah gk aktif tp ko tiba2 aktif lg ..itu knp yaa ?? Padahal saya gk pernah kerja lg di perusahaan lain

    ReplyDelete
  34. Alhamdulilah kalo masih aman, tapi saat pencairan harus pake paklaring kerja awal apa yg baru yaa?

    ReplyDelete
  35. Sangat Membantu,
    Tadinya mw nelpon ke BPJS nya langsun. Tp setelah baca article ini saya sudah paham

    Terimakasih sharingnya :)

    ReplyDelete
  36. mas, numpang tanya ya, kalau di perusahaan lama sdh dapat paklaring tapi sekarang bekerja di perusahaan baru apakah bisa claim dana BPJS TK?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga bsa gan, sya juga bgitu. Pihak bpjs bisa memverifikasi data kita. Walau bpjs kita udh ga aktif diperusahaan lama. Tp msih aktif di perusahaan yg baru dgn nomer yg beda kpj nya.

      Delete
  37. hanya saja pencairan saldo yang lama ataupun penggabungannya ribet harus bawa KPJ salinan semua slado, klu sdh hilang gmn y?

    ReplyDelete
  38. Mau nanya kak ...
    No kpj A & B saya sama ,
    Tp saya pengen cairin yang A saja ...
    Soalnya yang B saya tdk punya paklaringnya ...

    Bisa gak ya ?
    Hatur nuhun

    ReplyDelete
  39. Mau nnya kenapa saya cek saldo di aplikasi bpjs
    Ad saldo tidak tersedia padahl saya blm ambil
    Saya khawatir

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa sama nih kmarin cek di aplikasi mobile bpjs tp data saldo tidak tersedia terus bacaanya, gimana ya? Mungkin ada yg tau dan pernah ngalamin lagi.

      Delete
  40. Berarti selama kita masih aktif di perusahaan yang baru, saldo yg dari perusahaan lama tdk bisa diambil? Meskipun saldo yg lama dan yg baru tdk digabung..

    ReplyDelete
  41. Klo mau d ambil tp paklaring hilang gmna ya apa bisa pke paklaring yg bukan tmpat trahir bkrja? Iya

    ReplyDelete
  42. Mas mau tanya, kalo cairnya brpa lama ya untuk proses pncairan bpjsnya? Terimkasih

    ReplyDelete
  43. Mas saya mau tanya emk klo bt penggabungan saldo dr pt lama ke pt baru,bpjs yg lama hrs di nonaktivkan dulu ga ya?

    ReplyDelete
  44. Mas kalo saya kerja di PT. A kemudian kerja di PT. B no peserta bpjs sama nih.. Yg di PT.A sudah tidak aktif.. PT. B masih aktif tapi saya sekarang belum bekerja di perusahaan manapun sudah sebulan lebih dan yg di PT. B kartu BPJS belum ada.. Apakah saldo di PT. A bisa dicairkan?

    ReplyDelete
  45. Punya saya juga gitu mba... Setelah aktif perhitungan nya dari awal lagi.. Saya kira saldo sebelum nya hilang...
    Thnx ya info nyaaa

    ReplyDelete
  46. Mas/mba saya mau tanya nih, cara cek saldo bpjs perusahaan yg sebelumnya gimana ya? Saya punya bpjs yg pertama di perusahaan (A) dan pindah kerja di perusahaan ke 2 di perusahaan (B)
    Terimakasih

    ReplyDelete
  47. saya punya pertanyaan nih mba mas, saya galau banget karna mau cairkan bpjs lumyan saladonya.. saya dulu bekerja di PT.A ada faklaringnya terus saya pindah kerja di PT.B dan resign (kabur) konsekunsi tidak dapat paklaring apakah saldo yg dari PT.A bisa di ambil tanpa paklaring PT.B saya butuh saldo yg dri PT.A aja. kalau saldo PT.B gp gk bisa di ambil.. pertanyaan nya bisa gak ya dalam 1 kartu 2 perusahaan di gabung hanya 1 paklaring aja yg di bawa.

    ReplyDelete
  48. Mas mau tanya nih .biyasanya bpjs ketenagakerjaan itu jika kita udah keluar (reaign) dari perusahaan jarak berapa harikah statusnya menjadi non aktif ?

    ReplyDelete
  49. Mas mau tanya nih .biyasanya bpjs ketenagakerjaan itu jika kita udah keluar (reaign) dari perusahaan jarak berapa harikah statusnya menjadi non aktif ?

    ReplyDelete
  50. Alhamdulillah ternyata tidak apa" , saya mengalami sama seperti mas . Makasih mas sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  51. mas, numpang sharing ya, kemarin itu saya habis mencairkan saldo bpjstk saya sebelum dicairkan jumlahnya 44, lantas ketika ditransfer koq yg masuk hanya 41, hilang 3 jt sedangkan saya sudah tidak bekerja lagi, gimana itu ya mas? terima kasih

    ReplyDelete
  52. Surat Paklaring itu semacam surat keterangan pernah bekerja/ surat referensi ya pak?

    ReplyDelete
  53. Sangat membantu postingan nya, karena saya punya kasus yang sama

    ReplyDelete
  54. Saya punya 2 krtu bpjs
    Yg 1 sudah tidak aktif dr tahun 2013 dan yg 1nya lgi masih aktif...apakah sya bisa mencairkan bpjs yg sdah tdk aktif tersebut walaupun sya masih punya 1krtu yg masih aktif?...

    ReplyDelete
  55. Mas/mba saya mau tanya,
    Saya kemarin cek ada 3 kpj karena setiap perusahaan saya buat baru,
    Yg 2 kartu sudah tidak aktif karena sudah tidak bekerja, dan yg 1 masih aktif karena saya masih bekerja,
    Tapi bingungnya pas saya cek lagi yg terdaftar di akun hanya 1 no kpj aja yg tersedia, nah yg 2 itu kemana yah? Mohon penjelasannya terimakasih

    ReplyDelete
  56. terima kasih penjelasannya, suami saya sudah bekerja 6 tahun di satu perusahaan di Jakarta Selatan, januari 2018 kmrn dia pindah perusahaan, tadi siang di cek saldo tinggal ratusan ribu, ada artikel ini saya jd tenang. Sekali lagi terima kasih, have a good day!

    ReplyDelete
  57. Mas saya boleh tanya. Saya sudah bekerja di perusahaan dari awal 2016 sampai sekrang. Tp ketika saya cek bpjs d android ko yang ditampilkan hanya jumlah dari tahun 2016 saja ya mas.

    ReplyDelete
  58. Dulu suami saya bekerja di prusahaan sekitar 2 tahunan,lalu berenti kerja, stelah itu masuk di perusahaan baru kembali, setiap perusahaan mempunyai kartu bpjs ketenagakerjaan,sekrang suami saya mmpunyai tiga kartu bpjs, saya cek saldo kartu pertama saldo hanya 900rb saja, apakah memang tidak da penambahan saldo wlpun bpjs tidak pernah di klaim

    ReplyDelete
  59. Mau tanya dong... skrg sya mau cairin saldo jht udh d claim mslhny... sya pernh bekerja d 2 perusahaan. Perusahaan 1 tdk ada paklaring perusahaan 2 ada paklaring. No kpj ny msih pke no kpj perusahaan pertama. Kira2 bisa d cairkan semua saldonya? Klo sama pihak perusahaan saldonya digabungkn trus saldo yg perusahaan 2 bisa d cairkan apa tidak??

    ReplyDelete

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>

All Rights Reserved by ndiqwul.com © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.